Surakarta, 29 Mei 2023 – Program Studi S2 Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Pelatihan Media Digital Berbasis Augmented dan Virtual Reality yang menghadirkan trainer dari SEAMEO SEAMOLEC. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam pemanfaatan teknologi digital mutakhir dalam pembelajaran.

Di tengah perkembangan teknologi digital yang pesat, pemanfaatan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) menjadi kunci dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Pelatihan ini memberikan pemahaman mendalam mengenai strategi pemanfaatan AR dan VR dalam pendidikan, sejalan dengan tuntutan Kurikulum KKNI level 9 untuk mahasiswa jenjang magister. Dengan memahami dan menguasai teknologi ini, mahasiswa diharapkan mampu mendesain pengalaman belajar yang lebih bermakna dan berdampak.

Pelatihan ini menghadirkan trainer dari SEAMEO SEAMOLEC yang memiliki keahlian khusus dalam pengembangan media digital berbasis AR dan VR. Kehadiran trainer berpengalaman ini bertujuan memberikan wawasan praktis dan inspiratif kepada peserta, khususnya mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan UNS, dalam mengoptimalkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan standar internasional.

Rangkaian kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam tiga tahapan utama:

  1. Persiapan (25–28 Mei 2023): Penyusunan rencana kegiatan dan koordinasi teknis pelaksanaan.
  2. Pelaksanaan (29 Mei 2023): Sesi pelatihan daring yang berfokus pada pemanfaatan AR dan VR dalam pembelajaran, dipandu langsung oleh trainer dari SEAMEO SEAMOLEC.
  3. Evaluasi dan Pelaporan (31 Mei 2023): Penyusunan laporan kegiatan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan bahan evaluasi untuk peningkatan program selanjutnya.

Indikator keberhasilan pelatihan ini mencakup peningkatan jumlah trainer tamu yang terlibat pada tahun 2023, serta peningkatan kualitas pelatihan yang diukur melalui pencapaian standar internasional. Peserta pelatihan memberikan respons positif terhadap materi dan metode yang disampaikan, serta menunjukkan antusiasme tinggi untuk mengaplikasikan teknologi AR dan VR ke dalam praktik pembelajaran.

Selain meningkatkan kompetensi individu, pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat internalisasi pengetahuan di lingkungan UNS, serta membuka peluang pengembangan program-program serupa di masa depan yang mendukung kemajuan pendidikan berbasis teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *