SEJARAH



Bermula pada tahun 1998 universitas sebelas maret memiliki dua program studi pada jenjang pendidikan magisternya, yaitu program studi S2 linguistic dan S2 ilmu lingkungan. Dibawah kepemimpinan Rektor pada saat itu, yakni Prof. Drs. Haris Mudjiman, M.A., Ph.D, mendorong untuk didirikannya program studi baru, salah satunya adalah Program Studi S2 Teknologi Pendidikan. Diharapkan melalui terbentuknya program studi S2 Teknologi Pendidikan, dapat berkontribusi secara aktif dalam implementasi ilmu pendidikan serta upaya pemenuhan akan kebutuhan kompetensi keilmuan teknologi pendidikan dari berbagai departemen pendidikan, lembaga diklat, guru, dan dosen.

 

Dimulainya penyusunan proposal dalam rangka pembentukan program studi, TIM pengusul program studi S2 Teknologi Pendidikan terlebih dahulu melakukan benchmarking  dan studi komparasi ke program studi S2 Teknologi Pendidikan IKIP Jakarta (sekarang Universitas Negeri Jakarta), S2 Teknologi Pendidikan IKIP Malang (sekarang Universitas Negeri Malang) serta S2 Teknologi Pendidikan IKIP Padang (Universitas Negeri Padang). Berdasarkan hasil studi komparasi dan benchmarking  tersebut, terlahir Program Studi S2 Teknologi Pendidikan di Universitas Sebelas Maret berdasarkan Statuta Otoritas Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 225/DIKTI/Kep/1999 pada 24 Mei 1999.

 

Program Magister Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta telah memulai kegiatan akademik sejak tahun ajaran 1999/2000 (September 1999). Hingga saat ini, Program Studi telah 4 kali diakreditasi oleh BAN PT pada tahun 200420112016, dan 2021 dengan kategori peringkat A (sangat baik). Pada akreditasi terakhir juga meraih peringkat A (sangat baik) yang berlaku hingga tahun 2026. Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik bagi calon Magister pendidikan di bidang Teknologi Pendidikan. Didukung dengan suasana pembelajaran yang kondusif dan modern, Program Studi S2 Teknologi Pendidikan siap mengantarkan mahasiswanya bersaing menjadi tenaga profesional yang berdaya saing internasional di bidang pendidikan. Terbukti banyak alumni Program Studi ini yang menempati peran penting di berbagai jenjang institusi pendidikan sebagai kepala sekolah, instruktur dan pengelola pusat sumber belajar, laboratorium dan kurikulum dan lembaga pengembangan pembelajaran lainnya seperti Diklat Indonesia, Pustekkom, BPTIK DIKBUD Propinsi Jawa Tengah, BPSDMD Propinsi Jawa Tengah, SEAMOLEC dan beberapa lembaga lain baik tingkat Wilayah, Nasional maupun Internasional.



 

Silahkan simak tayangan sejarah berdirinya Program Studi S2 Teknologi Pendidikan FKIP UNS, yang disampaikan oleh Prof. Dr. Soetarno J., M.Pd.