KURIKULUM

Kurikulum Program Studi S-2 Teknologi Pendidikan FKIP UNS disusun berdasarkan relevansi dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, yang mendorong terbentuknya kompetensi lulusan sesuai dengan standar capaian pembelajaran yang dirumuskan Dikti. Sejalan dengan visi dan misi yang telah ditetapkan, kurikulum S-2 Teknologi Pendidikan FKIP UNS disusun dengan mengacu pada level 8 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pada level tersebut, kurikulum diharapkan melahirkan lulusan yang menguasai filosofi keilmuan pada ranah pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu pendidikan, rumusan CPL juga telah disesuaikan untuk memuat kemampuan yang diperlukan dalam era industri 4.0. 

 

Penyesuaian CPL dan profil lulusan didasarkan atas hasil rekonstrusi kurikulum program studi S2 Teknologi Pendidikan FKIP UNS dengan melibatkan Tim Kurikulum Program Studi S2 Teknologi Pendidikan FKIP UNS pada tanggal 08 Agustus 2022, dihadiri oleh Pimpinan Fakultas, Pengelola Program Studi, Dosen Program Studi, Tenaga Kependidikan Program Studi, Perwakilan Mahasiswa, Perwakilan Alumni, Perwakilan pengguna lulusan, Mitra Program Studi sejenis di Jawa Tengah Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Negeri Surabaya,  dan Pembina Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

 

Hasil rumusan rekonstrusi kurikulum 2022 disesuaikan dengan capaian kompetensi lulusan yang diperlukan dalam era industri 4.0 diantaranya kemampuan tentang:

  1. Literasi data, kemampuan pemahaman untuk membaca, menganalisis, menggunakan data dan informasi (big data) di dunia digital;

  2. Literasi teknologi, kemampuan memahami cara kerja mesin, aplikasi teknologi (coding, artificial intelligance, dan engineering principle);

  3. Literasi manusia, kemampuan pemahaman tentang humanities, komunikasi dan desain

  4. Pemamahaman akan tanda-tanda revolusi industri 4.0;

  5. Pemahaman ilmu untuk diamalkan bagi kemaslahatan bersama secara lokal, nasional, dan global. 



Pada bagian ini akan disampaikan informasi mengenai Profil lulusan program studi S2 Teknologi Pendidikan FKIP UNS, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) serta Mata Kuliah.

Profil Lulusan Program Studi

No. Profil Deskripsi
1 Pengembang teori aplikasi teknologi pendidikan berdasarkan kawasan teknologi pendidikan di era digital untuk membentuk literasi teknologi, literasi data dan literasi manusia Adalah orang yang mempunyai keahlian dalam bidang pengembangan teori aplikasi pembelajaran berdasarkan kawasan teknologi pendidikan di era digital untuk membentuk literasi teknologi, literasi data dan literasi manusia.
2 Pengembang program pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan pendekatan teknologi kinerja. Orang yang memiliki keahlian sebagai konsultan program pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan pendekatan teknologi kinerja
3 Pengembang kurikulum, pembelajaran & sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner/ multidisipliner. Adalah orang yang mempunyai keahlian dalam bidang mengembangkan kurikulum, pembelajaran  & sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner/ multidisipliner
4 Peneliti pengembangan teknologi pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional Adalah orang yang mempunyai keahlian dan kemampuan melakukan penelitian di bidang pengembangan teknologi pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional

Berdasarkan Profil lulusan tersebut, maka dirumuskan capaian pembelajaran Program Studi S2 Teknologi Pendidikan adalah dimilikinya kemampuan dalam hal:

Capaian Pembelajaran

No. Kemampuan
1 Mampu mengembangkan teori aplikasi teknologi pendidikan berdasarkan kawasan teknologi pendidikan di era digital untuk membentuk literasi teknologi, literasi data dan literasi manusia
2 Mampu mengembangkan program pendidikan dan pelatihan (diklat) dengan pendekatan teknologi kinerja
3 Mampu mengembangkan kurikulum, pembelajaran & sumber belajar melalui pendekatan interdisipliner/ multidisipliner
4 Mampu melakukan penelitian pengembangan teknologi pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional


Mata Kuliah

Semester I
  1. STATISTIK – (STATISTIC)
  2. FILSAFAT ILMU – (PHILOSOPHY OF SCIENCE)
  3. DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN – (LEARNING SYSTEM DESIGN)
  4. KAJIAN DAN EVALUASI KURIKULUM – (STUDY AND EVALUATION OF CURRICULUM)
  5. DIFUSI DAN INOVASI PENDIDIKAN – (DIFFUSION AND INNOVATION OF EDUCATIONAL)
  6. LANDASAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN – (FOUNDATION OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY)
  7. METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN- (EDUCATIONAL RESEARCH METHODOLOGY)
  8. PENDEKATAN SISTEM DALAM TEKNOLOGI KINERJA – (SYSTEMS APPROACH TO PERFORMANCE TECHNOLOGY)


Semester II
  1. TEORI DAN MODEL PEMBELAJARAN – (lEARNING THEORY AND MODEL) 
  2. SEMINAR DAN UJIAN PROPOSAL – (SEMINAR AND EXAMINATION OF RESEARCH PROPOSAL)
  3. PRODUKSI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL – (PRODUCTION OF DIGITAL LEARNING MEDIA)
  4. PENGEMBANGAN E- LEARNING – (E-LEARNING DEVELOPMENT)
  5. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR – (DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS)
  6. PENGEMBANGAN BELAJAR MANDIRI BERBASIS MOBILE – (MOBILE-BASED SELF-LEARNING DEVELOPMENT)
  7. TEKNOLOGI KINERJA – (PERFORMANCE TECHNOLOGY)
  8. EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN – (EVALUATION OF TEACHING AND LEARNING)


Additional Courses (optional) – on Semeseter 2

  1. MANAJEMEN DAN KEPEMPINAN KEPALA SEKOLAH* – (HEAD OF SCHOOL MANAGEMENT AND LEADERSHIP)
  2. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN* – EDUCATIONAL INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY)
  3. DESAIN GRAFIS PEMBELAJARAN*  – (LEARNING GRAPHIC DESIGN)
  4. PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN KEPELATIHAN* – (EDUCATION AND TRAINING DEVELOPMENT)


Semester III & IV
  1. SEMINAR KEMAJUAN DAN PENILAIAN ARTIKEL ILMIAH  – (SEMINAR PROGRESS AND ASSESSMENT OF SCIENTIFIC ARTICLES)
  2. SEMINAR HASIL RISET DAN NASKAH PUBLIKASI – (SEMINAR ON RESEARCH RESULTS AND PUBLICATION)
  3. UJIAN TESIS (THESIS EXAMINATION)