Surakarta, 28 September 2022 – Program Studi S2 Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Stadium General Teknologi Pendidikan dan Strategi Meningkatkan Student Engagement dalam Lingkungan Pembelajaran Daring secara daring, yang terbuka untuk umum dan dihadiri oleh mahasiswa, dosen, serta praktisi pendidikan.
Kemampuan untuk mengembangkan strategi yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran daring telah menjadi keterampilan esensial bagi pendidik modern. Di tengah percepatan transformasi digital dalam dunia pendidikan, pemanfaatan teknologi pendidikan yang tepat dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif, kolaboratif, dan efektif. Stadium General ini diselenggarakan untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan mahasiswa, khususnya jenjang S2, dalam menerapkan teknologi dan strategi pembelajaran daring secara optimal, sesuai dengan standar pendidikan global.
Kolaborasi dengan para pakar di bidang teknologi pendidikan dan strategi pembelajaran daring menjadi kekuatan utama dalam kegiatan ini. Narasumber yang dihadirkan memiliki pengalaman luas dalam merancang dan mengimplementasikan pendekatan yang mampu meningkatkan student engagement dalam berbagai platform pembelajaran daring. Kehadiran mereka memberikan wawasan yang relevan dan langsung aplikatif bagi peserta dalam konteks pembelajaran masa kini.
Rangkaian kegiatan Stadium General ini terdiri dari tiga tahapan:
Persiapan (25–28 September 2022): Tim panitia menyusun rencana pelaksanaan kegiatan, mengurus perizinan, serta menyiapkan teknis daring.
Pelaksanaan (28 September 2022): Sesi utama Stadium General berlangsung secara daring dan dipandu oleh narasumber ahli, membahas strategi praktis dan teknologi terkini dalam pembelajaran daring.
Evaluasi dan Pelaporan (30 September 2022): Penyusunan laporan kegiatan dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan bahan evaluasi.
Indikator keberhasilan kegiatan ini ditandai dengan peningkatan keterampilan peserta dalam memahami dan menerapkan strategi peningkatan student engagement serta pemanfaatan teknologi pendidikan dalam lingkungan daring secara efektif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta memperoleh wawasan baru yang dapat langsung diterapkan dalam konteks akademik maupun profesional.
Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kapasitas individu, tetapi juga membuka peluang kerja sama yang lebih luas antar lembaga. Stadium General ini diharapkan dapat memperkuat relasi UNS dengan institusi pendidikan lainnya, serta mendorong inisiasi kerja sama formal dalam bentuk MoU di tingkat internasional.