UNS — S2 Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang menyelenggarakan Webinar Nasional Teknologi Pendidikan 2020 yang bertemakan “INOVASI PEMBELAJARAN KREATIF DI ERA TEKNOLOGI DIGITAL“. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Pasca FKIP Gedung G Lantai 3 pada hari Sabtu, 28 September 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi pembelajaran kreatif di era teknologi digital

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber yaitu Sekretaris Direktorat Jendral GTK Kemendikbud RI, Prof,Dr,Nunuk Suryani, M,Pd. Selanjutnya juga Direktur SEMOLEC, R,Alpha Amirrachman, M.Phil., PH.D

Webinar langsung dibuka oleh  Dekan FKIP UNS , Dr. Mardiyana. M.Si. Dalam sambutanya, beliau memberikan apresiasi atass terselenggaranya kegiatan ini, kegiatan seperti ini dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu pembelajaran kreatif pada era teknologi digital seperti sekarang ini.

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Prof,Dr,Nunuk Suryani, M,Pd, Beliau menekankan dalam Inovasi Pembelajaran kreatif pada era seperti ini para instansi-instasi pendidikan harus memfasilitasi para serta tenaga pendidik, hal tersebut dimaksudkan agar tegaga pendidik lebih mudah untuk membuat inovasi baru dalam pembelajaran. Selain itu beliau jug amenekankan kepada para pendiidkn untuk meningkatkan softskill mereka dalam mengembangkan pembelajaran, harus serimg-sering membaca litelatur pengembangan pembelajaran, mengikuti pelatihan serta mempraktekannya di lapangan.

Pemaparan materi kedua disampaikan oleh R,Alpha Amirrachman, M.Phil., PH.D, Beliau menyampaikan bawah di era seperti ini peran Teknologi Pendiidkan sangatlah dibutuhkan dalam memfasilitasi Pembelajaran Kreatif. Perlunya tenaga pendidik yang harus lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran tersebut.

Kegiatan tersebut dihadiri 150 peserta dari berbagai kalangan , dari mahasiswa, siswa, guru , hingga peserta umum dari seluruh wilayah Indonesia yang sangat antusias dalam kegiatan tersebut

Selain webinar tersebut, S2 Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta juga mengadakan kegiatan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Digital yang dilaksanakan pada 26-27 September 2019 di Aula Gedung A FKIP UNS.

Kegiatan pelatihan tersebut menghadirkan IT Content Officer (Trainer) SAEMOLEC . Kegiatan tersebut diikuti oleh 130 Peserta berbagai kalangan mahasiswa hingga guru-guru dari berbagai wilayah Indonesia.

Kegiatan dihari pertama tersebut dimulai dengan memberikan pelatihan pengembangan media pembelajaran Komik dan Indografis, kegiatan dihari kedua dilanjutkan dengan pembuatan media pembelajaran berbasis animasi. Selain menyampaikan materi , trainer juga melakukan pelatihan secara langsung yang diikuti oleh peserta, sehingga peserta bisa merasakan langsung dalam pembuatan media tersebut.

Selain kedua kegiatan tersebut, S2 Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta juga mengadakan kegiatan “Call For Paper” kegiatan ini menampung Artikel-artikel terbaik yang akan dipublikasikan di Jurnal Kwansang terindeks Sinta*2 , Jurnal Teknodik terindeks Sinta*2 , Jurnal Teknodika terindeks ISBN , & Prociding Nasional ISBN terindeks Goodle Scholar. Topik dari artikel yang akan dipublikasikan di kegiatan tersebut antara lain :

  1. Media Pembelajaran di Era Digital
  2. Sumber Belajar di Era Digital
  3. Analisis Kurikulum
  4. Desain Kurikulum
  5. Evaluasi Kurikulum
  6. Pendidikan kreatif
  7. Penelitian Tindakan Kelas